Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah informasi dan tips berkendara pada waktu malam hari, dan untuk kesempatan sekarang saya juga akan membagkan kepada anda sebuah informasi yang cukup menarik, dan pastinya akan bermanfaat bagi anda, yaitu cara memanaskan motor dengan benar. Untuk anda yang mempunyai motor gede atau motor bebek biasanya mungkin sudah tidak asing lagi dengan memanaskan motor ketika akan berkendara keluar rumah entah itu jarak yang jauh atau dekat, untuk memanaskan motor tidak sembarangan karena ada beberapa kasus motor ceopat rusak di karenakan pemanasan yang tidak baik. Nah kalau begitu bagaimana memanaskan motor dengan baik dan benas, di bawah ini ada penjelasannya.
Seperti yang kita tahu motor pada zaman sekarang memiliki perbedaan yang cukup signifikan, tidak hanya dari body akan tetapi mesin dan dalemanm mesinnya pun cukup berbeda dengan mesin zaman dulu, motor injeksi adalah salah satu motor dengan design mesin yang cukup bagus dan performa lari yang luar biasa. Nah beberapa motor injection sebenarnya tidak perlu rutin untuk memanaskannya, untuk memanaskannya pun tidak terlalu cukup lama dan tidak boleh sampai 1 menit lebih, seperti yang telah di kutip dari Sarwono Edi, Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM), motor jenis injeksi kebutuhan bahan bakarnya suda diatur di Engine Control Module (ECM), dan tidak perlu menarik tuas gas ketika memanaskan motor injeksi.
Selain itu ada beberapa keuntungan yang anda dapatkan dari memanaskan motor dengan tidak lebih dari satu menit untuk motor injeksi yaitu yang pertama sirkulasi oli sudah baik di dalam mesin motor anda, dan yang kedua mesin sudah cukup hangat untuk dijalankan di jalan raya, dan yang terakhir yaitu bahan bakar bensin tidak akan terbuang percuma jika anda memanaskan motor anda tidak lebih dari satu menit. Jadi pada intinya sia - sia motor injeksi di geber - geber pada waktu pemanasan, karena hal tersebut bisa menghamburkan bensin yang sudah dipakai, dari pada terbuang mending dipakai jalan di jalan raya bensin pada motor anda.
Selain itu perlu anda ketahui bahwa di dalam mesin injeksi sudah tertanam alat canggih yang diberi nama dengan Engine Control Module (ECM), dimana alat ini mempunyai fungsi mengatur kebutuhan bahan bakar di dalam mesin, oleh karena itu ketika memanaskan motor bertipe injeksi anda tidak perlu menarik tuas gas atau dengan kata lain menggeber - geber motor malah jika anda melakukan hal tersebut bahan bakar atau bensin yang ada di dalam tangki motor cepar habis. Dan seperti yang sudah dikatakan tadi bahwa untuk memanaskan motor injeksi ini tidak perlu lama cukup 30 detik atau 1 menit.
Dalam waktu 30 detik atau 1 menit tersebut cukup membuat stasioner dan juga oli sudah bersirkulasi di dalam mesin dengan baik serta pada putaran mesin stasioner. Oleh karena itu di biarkan saja pun oli dan stasioner sudah berjalan dengan semestinya di dalam mesin motor, sehingga anda tidak perlu menarik gas atau dengan kata lain menggeber - geber motor anda dengan durasi waktu yang cukup lama.
Dalam waktu 30 detik atau 1 menit tersebut cukup membuat stasioner dan juga oli sudah bersirkulasi di dalam mesin dengan baik serta pada putaran mesin stasioner. Oleh karena itu di biarkan saja pun oli dan stasioner sudah berjalan dengan semestinya di dalam mesin motor, sehingga anda tidak perlu menarik gas atau dengan kata lain menggeber - geber motor anda dengan durasi waktu yang cukup lama.
Mungkin dengan penjelasan diatas tadi bisa membuat kebiasaan anda yang selalu memanaskan motor bertipe injeksi dengan keadaan atau waktu yang cukup lama bisa berhenti, selain itu untuk anda yang selalu menggeber - geber gas pada motor ketika dipanaskan juga tidak perlu dilakukan lagi. Hal - hal diatas tadi sebenarnya harus anda hentikan dari mulai sekarang terlebih zaman sekarang sepeda motor sudah mengadopsi sistem injeksi yang dimana di dalam sistem yang baru ini konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dibandingkan dengan tipe motor pada biasanya. Namun kelebihan tersebut akan terbuang sia - sia ketika anda salah memanaskan motor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar